KONSEP MANAJEMEN PROSES WINDOWS VISTA

Proses didefinisikan sebagai program yang sedang dieksekusi. Menurut Silberschatz proses tidak hanya sekedar suatu kode program ( text section), melainkan meliputi beberapa aktivitas yang bersangkutan seperti program counter dan stack. Sebuah proses juga melibatkan stack yang berisi data sementara (parameter fungsi/ metode, return address, dan variabel lokal) dan data section yang menyimpan variabel-variabel global. Tanenbaum juga berpendapat bahwa proses adalah sebuah program yang dieksekusi yang mencakup program counter, register, dan variabel di dalamnya.

Keterkaitan hubungan antara proses dengan sistem operasi terlihat dari cara sistem operasi menjalankan/ mengeksekusi proses. Sistem operasi mengeksekusi proses dengan dua cara yaitu batch system yang mengeksekusi jobs dan time-shared system yang mengatur pengeksekusian program pengguna ( user) atau tasks. Bahkan pada sistem pengguna tunggal ( single user) seperti Microsoft Windows dan Mac OS, seorang pengguna mampu menjalankan beberapa program pada saat yang sama, seperti Spread Sheet, Web Browser, dan Web Email. Bahkan jika pengguna hanya menggunakan satu program saja pada satu waktu, sistem operasi perlu mendukung program internalnya sendiri, seperti manajemen memori. Dengan kata lain, semua aktivitas tersebut adalah identik sehingga kita menyebutnya ”proses”.

Program itu sendiri bukanlah sebuah proses. Program merupakan sebuah entitas pasif; serupa isi dari sebuah berkas didalam disket. Sedangkan sebuah proses adalah suatu entitas aktif, dengan sebuah program counter yang menyimpan alamat instruksi yang selanjutnya akan dieksekusi dan seperangkat sumber daya ( resource) yang dibutuhkan agar sebuah proses dapat dieksekusi.

Status Proses

  • Running: status yang dimiliki pada saat instruksi-instruksi dari sebuah proses dieksekusi.
  • Waiting: status yang dimiliki pada saat proses menunggu suatu sebuah event seperti proses M/K.
  • Ready: status yang dimiliki pada saat proses siap untuk dieksekusi oleh proseso.
  • New: status yang dimiliki pada saat proses baru saja dibuat.
  • Terminated: status yang dimiliki pada saat proses telah selesai dieksekusi.

Konsep pembuatan proses pada sistem operasi windows vista:
Desain proses Windows vista dikendalikan oleh kebutuhan untuk menyediakan dukungan berbagai variasi dari lingkungan OS. Proses didukung oleh perbedaan lingkungan OS dalam berbagai cara, termasuk termasuk yang di bawah ini:

· Bagaimana proses dinamakan
· Jika thread disediakan proses
· Bagaimana proses dipresentasikan
· Bagaimana sumber daya proses dilindungi
· Bagaimana mekanisme ang digunakan untuk komunikasi interproces dan sinkronisasi
· Bagaimana proses dihubungkan dengan yang lain

Karakteristik penting dari proses windows vista adalah sebagai berikut:

· Proses windows vista diimplementasikan sebagai object.
· Sebuah proses executable bisa berisi satu atau lebih thread.
· Proses dan object thread memiliki kemampuan sinkronisasi built- in.

Proses Pembuatan Suatu Proses dimulai dengan mengeksekusi program kemudian memeriksa priority dan apabila prioritynya tinggi maka akan langsung pada status ready dan kemudian running tapi jika priority sedang atau perlu antrian, maka akan ada proses blocked dan mengantri sampai giliran program tersebut running.

Tinggalkan komentar